Minggu, 10 April 2016

Sultan Pontianak

Hanya sedikit iseng meng-edit foto Sultan Pontianak, Sultan Syarif Abubakar Alkadrie menjadi seperti model foto resmi. Gambar Sultan sendiri kujepret dari spanduk yang terpajang di tepi jalan pada Oktober 2015 lalu. Gelar yang kusertakan meniru gelar Sultan yang tertulis pada Tugu Peringatan 40 Tahun Pemerintahan Sultan Mohamad Alkadrie yang terletak di depan gerbang masuk Istana Kadriah.


Tidak banyak informasi profil yang bisa kudapat dari Sultan Pontianak saat ini. Beberapa di antaranya yang kuketahui, Baginda lahir di Pontianak pada 26 Juli 1944, putra dari pasangan Pangeran Agung Syarif Mahmud Alkadrie dan Syarifah Amnah Alkadrie. Syarif Mahmud Alkadrie adalah adik dari Sultan Hamid II (Sultan Pontianak pada 1945–1978). Dengan demikian, Sultan Abubakar adalah keponakan dari Sultan Hamid II dan juga cucu dari Sultan Mohamad (Sultan Pontianak pada 1895–1944). Di usia 59 tahun, Baginda resmi dinobatkan pada 15 Januari 2004 untuk menduduki takhta Kesultan Pontianak yang kosong selama hampir 26 tahun sepeninggal Sultan Hamid II pada 30 Maret 1978.

Sultan Abubakar pernah menikah dua kali dan dikaruniai 6 orang anak. Dari pernikahan pertama, Baginda dikaruniai empat orang putri dan seorang putra, sementara dari pernikahan keduanya dikaruniai seorang putra.

Mohon maaf dan mohon dikoreksi jika terdapat kesalahan informasi di atas.

Daulat Tuanku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar