Selasa, 05 April 2016

RPJM Nasional, Kalbar, dan Pontianak

Di zaman Soekarno terdapat Garis-Garis Besar Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana. Kemudian di zaman Soeharto dikenal istilah Repelita alias Rencana Pembangunan Lima Tahun. Kini di era reformasi, terdapat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional yang disingkat RPJMN. Bahkan di tingkat daerah pun ada RPJMD alias Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Keberadaan RPJM sudah diwajibkan sejak disahkannya UU No. 25 Tahun 2004. UU tersebut bahkan mewajibkan setiap Presiden, Gubernur, hingga Bupati dan Walikota yang baru dilantik untuk segera menyusun RPJM dalam waktu 3 bulan.

Dengan adanya RPJM, kita bisa tahu secara garis besar ke mana arah dan tujuan pemimpin kita. Namun, tidak seperti PELITA di era Soeharto yang gencar disosialisasikan, RPJM di era Reformasi saat ini kurang diketahui oleh publik. Karena itulah, saya iseng-iseng membuat daftar visi dan misi RPJMN dan RPJMD yang dalam hal ini daerah tempat tinggalku, yakni Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak:
  • Di tingkat nasional, RPJMN di bawah kepemimpinan Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H. M. Jusuf Kalla mengusung visi "Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong" yang disahkan melalui Perpres No. 2 Tahun 2015;
  • Di tingkat provinsi, RPJMD Kalimantan Barat di bawah kepemimpinan Gubernur Drs. Cornelis, M.H. dan Wakil Gubernur Drs. Christiandy Sanjaya, S.E., M.M. mengusung visi "Mewujudkan Masyarakat Kalimantan Barat yang Beriman, Sehat, Cerdas, Aman, Berbudaya, dan Sejahtera" yang disahkan melalui Perda No. 5 Tahun 2013; dan
  • Di tingkat kota, RPJMD Pontianak di bawah kepemimpinan Walikota H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. dan Wakil Walikota Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T. mengusung visi "Pontianak Kota Khatulistiwa Berwawasan Lingkungan, Terdepan dalam Kualitas Sumber Daya Manusia, Prima dalam Pelayanan Publik, Didukung dengan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih" yang disahkan melalui Perda No. 6 Tahun 2014.


RPJMN 2015–2019
RPJMD Prov. Kalimantan Barat 2013–2018
RPJMD Kota Pontianak 2015–2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar