Senin, 02 Mei 2016

Pontianak Convention Centre (April 2016)

Pada bulan April 2016, saya berkesempatan mengunjungi Pontianak Convention Centre (PCC) dua kali. Yang pertama karena ada acara Pameran Ikan Hias & Aquascape yang kukunjungi pada 8 dan 9 April 2016. Yang kedua kali, pada 30 April 2016 untuk melihat acara Nusantara Expo.


Pameran Ikan Hias & Aquascape Kalimantan Barat
dan Kontes Siluk & Cupang 2016

Acara ini berlangsung pada 8–10 April 2016. Meskipun tajuk utamanya pameran ikan hias dan aquascape, namun sebagian besar ruang PCC digunakan untuk arena kontes ikan siluk. Berikut ini beberapa foto yang sempat kujepret.

Kontes Siluk
Juara utama (Grand Champion) pada Kontes Siluk
Simbol Nasional Indonesia
Pameran Aquascape
Pameran Aquascape
Stan milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar. Sedihnya, banyak kesalahan dalam penulisan deskripsi nama/klasifikasi ilmiah dari ikan arwana, dari gambar hingga urutan taksonomi. Jika beberapa waktu lalu, seorang artis dijerat kasus penghinaan/pelecehan simbol negara karena salah mendeskripsikan Lambang Negara Garuda Pancasila, apakah salah mendeskripsikan Ikan Simbol Nasional Indonesia bisa dianggap pelecehan/penghinaan?
Beberapa stan pameran
Ikan cupang
Kontes cupang

Hanya untuk informasi tambahan:
  • Ikan siluk merah atau yang lebih populer disebut arwana super-red merupakan Ikan Nasional Indonesia yang ditetapkan oleh Presiden Soeharto melalui Keppres No. 4 Tahun 1993. Melalui Keppres tersebut pula, ikan siluk merah diberi julukan Satwa Pesona.
  • Ikan cupang, melalui Perda No. 5 Tahun 2015 yang ditandatangani oleh Walikota Sutarmidji, telah ditetapkan sebagai salah satu produk unggulan Kota Pontianak di bidang perikanan dan menjadi satu-satunya ikan hias dalam produk unggulan Pontianak.



Nusantara Expo (Pameran Nasional Produksi Dalam Negeri)

Acara ini berlangsung pada 29 April hingga 3 Mei 2016, berisikan stan-stan yang memperkenalkan hasil produksi lokal berbagai daerah di Indonesia. Meskipun bertajuk Nusantara, tampak produk-produk dari kawasan Jawa dan Kalimantan Barat mendominasi pameran ini. Selain itu, produk kain dan pakaian juga tampak mendominasi pameran ini. Dan seperti umumnya pameran di Indonesia, acara ini lebih menjadi ajang jualan (bazar) daripada pameran. Berikut ini beberapa foto yang sempat kujepret pada 30 April 2016.

1 komentar:

  1. Dibutuhkan kesiapan yang matang untuk membuat suatu pameran. Agar pameran tersebut berhasil, berikut beberapa tips agar pameran ramai dan sukses.

    BalasHapus