Jumat, 20 Mei 2016

Hari Kebangkitan Nasional ke-108


Hari ini, 20 Mei 2016, segenap bangsa Indonesia menyambut/memperingati Hari Kebangkitan Nasional, yaitu hari untuk memperingati dimulainya masa kebangkitan semangat dan rasa nasionalisme Indonesia, yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Boedi Oetomo sendiri adalah organisasi kepemudaan yang didirikan oleh dr. Soetomo atas gagasan dari dr. Wahidin Soedirohoesodo, yang bergerak di bidang kebudayaan dan sosial. Namun pada akhirnya, organisasi ini menginspirasi para pemuda untuk membentuk gerakan menuju Indonesia merdeka, sehingga berdirinya Boedi Oetomo dianggap sebagai tonggak awal gerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional yang sering disingkat sebagai Harkitnas merupakan satu dari enam hari besar nasional yang mewajibkan pengibaran Sang Merah Putih di setiap rumah warga. Namun sayangnya, banyak warga yang mengabaikan hal ini. Bisa jadi karena ketidaktahuan akibat kurangnya sosialiasi, atau karena ketidakpedulian.

Hari Kebangkitan Nasional ke-108 pada 20 Mei 2016 mengambil tema:
"Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter."
Tema ini diambil untuk menunjukkan bahwa tantangan apapun yang dihadapi Indonesia saat ini, harus dijawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter.


Saya sendiri, di Harkitnas ini, mencoba memperingatinya dengan memotret beberapa jalan di Kota Pontianak yang memiliki sedikit hubungan dengan Harkitnas. Berikut ini beberapa foto yang kujpret:

Jl. Kebangkitan Nasional, Kel. Batu Layang, Kec. Pontianak Utara (20 Mei 2016)
Jl. Budi Utomo, Kel. Siantan Hulu, Kec. Pontianak Utara (20 Mei 2016)
Jl. Dr. Sutomo, Kel. Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota (20 Mei 2016)
Jl. Dr. Wahidin. S, Kel. Pal Lima, Kec. Pontianak Barat (20 Mei 2015)

SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-108
AYO KERJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar