Rabu, 25 Februari 2015

Patung Polisi "Brigpol Maman S."

20 Maret 2012
11 Februari 2013
1 Oktober 2013
1 Oktober 2013
Selama lebih dari sepuluh tahun (atau mungkin dua puluh tahun), Patung Polisi Brigpol Maman S. telah menghiasi wajah Kota Pontianak, khususnya di persimpangan Jl. Pahlawan dan Jl. Tanjungpura, Kel. Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan.

Saya tidak begitu ingat persis pada tahun berapa dibangun, yang jelas patung polisi tersebut dibangun di era 1990-an. Di awal tahun patung tersebut, banyak pengendara yang terkaget ketika melewati persimpangan Jl. Pahlawan, Jl. Perintis Kemerdekaan (kini bernama Jl. Sultan Hamid II), dan Jl. Imam Bonjol karena mengira ada polisi yang sedang berjaga-jaga. Setelah mengetahui bahwa "polisi" tersebut hanya patung, banyak yang berkomentar bahwa patung tersebut sangat mirip polisi sungguhan. Seiring berjalannya waktu, patung tersebut mengalami pengecatan ulang, hingga akhirnya tidak lagi tampak seperti manusia sungguhan, hingga sekilas melihat saja, sudah tahu bahwa itu adalah patung.

Foto pada 17 Februari 2015 
Foto pada 17 Februari 2015

Foto pada 18 Februari 2015
Foto pada 18 Februari 2015
Kini, demi pelebaran jalan untuk mengurai kemacetan, patung tersebut akhirnya "dipindahtugaskan", tepatnya pada Februari 2015. Jika dahulu patung tersebut menghiasi wajah Kota Pontianak karena terletak di pusat keramaian, kini patung tersebut menghiasi sudut halaman Markas Polresta Pontianak, di Jl. Johan Idrus, Kel. Akcaya, Kec. Pontianak Selatan. Jika dahulu "bertugas" mengamati lalu lintas kendaran, kini "tugasnya" hanya sebagai penyambut tamu yang berkunjung. Di lokasi barunya, diharapkan patung tersebut menjadi perlambang kesiapan anggota kepolisian dalam melayani masyarakat selama 24 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar