Kamis, 27 November 2014

Air Mancur di Kota Pontianak yang Baru (Tapi Lama)

Foto pada 6 November 2014
Setelah belasan tahun terbengkalai, akhirnya air mancur ini kembali berfungsi menghiasi wajah Kota Pontianak tercinta. Tidak kuketahui jelas, kapan air mancur ini dibangun. Namun, saya masih ingat ketika masih kecil (sekitar awal 1990-an), air mancur ini berfungsi setiap pagi hingga malam. Bahkan dihiasi lampu pada malam hari. Sekitar pertengahan 1990-an, air mancur ini pun tidak pernah berfungsi lagi. Dan entah apa alasannya, selama bertahun-tahun, tidak pernah ada upaya yang terlihat untuk memfungsikan kembali air mancur ini.

Foto pada 4 November 2013
Tidak seperti sekarang, air mancur ini dulu adalah bundaran yang menghubungkan Jl. Pattimura, Jl. Jend. Urip, Jl. Zainuddin, dan Jl. Jend. Sudirman. Setelah Mal Matahari dibuka pada tahun 2001, untuk memperlancar arus lalu lintas, kawasan bundaran pun dimodifikasi hingga berbentuk segitiga seperti sekarang. Namun modifikasi tersebut tidak dibarengi dengan pemfungsian kembali air mancur. Kolam air mancur pun dibiarkan apa adanya. Jika dilihat dari sisi positifnya, setidaknya air mancur tersebut tidak dihancurkan dengan harapan nantinya akan difungsikan kembali.

Foto pada 6 November 2014
Foto pada 6 November 2014
Akhirnya, pada Oktober 2014, air mancur ini akhirnya berfungsi kembali. Selain dicat ulang, bagian atasnya ditambah hiasan untuk mempercantik penampakannya, sekaligus agar kelihatan lebih tinggi. Namun, ada beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan kondisi awal 1990-an silam. Pertama, volume pancuran airnya tidak sederas dulu. Kedua, belum ada lampu hias di malam hari, sehingga pada malam hari, air mancurnya tampak kurang mencolok. Seingat saya dulu, dari bagian tengahnya, ada lampu yang menambah kecantikannya di malam hari.

Foto pada 7 November 2014

Foto pada 7 November 2014
Meskipun begitu, upaya revitalisasi air mancur ini sangat patut diapresiasi. Sebagai warga Kota Pontianak, Saya berterima kasih kepada siapapun yang turut berkontribusi dalam revitalisasi air mancur ini. Semoga air mancur ini ke depannya bisa terus dipercantik dengan penambahan lampu hias atau penataan kawasan sekitarnya, dan yang terpenting, terus dijaga dan dirawat agar menjadi salah satu landmark Kota Pontianak. Semoga tidak ada tangan-tangan jahil yang merusak keindahannya, termasuk mencuri pompa dan pipanya.

Foto pada 7 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar