Rabu, 25 Juni 2014

Taman Bank Mandiri

Taman Bank Mandiri, tampak dari depan (25 Juni 2014)
Pohon beringin, tampak belakang
(16 Juni 2014)
Di persimpangan antara Jl. Tanjungpura dengan Jl. Gst. Ngurah Rai, tepatnya di antara Bank Kalbar dan Bank Mandiri, terdapat sebidang taman kecil berbentuk segitiga. Luasnya kurang lebih hanya 200 m². Secara administratif, lokasinya berada di Kel. Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota. Bagi warga pada umumnya, memang tidak ada yang istimewa dari taman ini, selain kecil, tidak ada fasilitas untuk bersantai, juga kesan yang kurang terawat.
Tugu (25 Juni 2014)

Namun bagi saya, saya melihat ada dua hal unik di taman ini. Pertama adalah pohon beringin yang masih hidup lumayan rindang. Di Kota Pontianak, terutama di kawasan sepanjang Jl. Tanjungpura, semakin sulit ditemui pohon rindang seperti itu. Kedua adalah sebuah tugu yang berdiri di tengah-tengah taman, yang hingga kini tak kuketahui itu sebenarnya tugu apa. Bahkan bentuk tugunya pun tidak jelas menyerupai apakah. Tak kuketahui apakah ada sejarah di balik tugu itu ataukah dibangun hanya sekedar untuk hiasan.

Papan yang tertutup rerumputan (25 Juni 2014)
Papan taman (25 Juni 2014)
Jika melihat lebih saksama, terdapat sebuah papan yang tertutup rerumputan. Di situ tertulis "TAMAN INI DIKELOLA OLEH BANK MANDIRI". Oleh karena itulah saya menamainya dengan Taman Bank Mandiri. Sudah tentu ini belum tentu nama sebenarnya.

Tampak tugu dari belakang
(16 Juni 2014)
Jika saya mengingat kembali masa kecilku, di awal tahun 1990-an, terdapat kolam air mancur di taman kecil ini. Saya lupa pada tahun berapa, kolamnya ditutup, dan dibangun tugu sebagai gantinya. Menurutku, alangkah indahnya jika kembali dibangun air mancur seperti dulu tanpa menghilangkan tugunya juga. Jika dipercantik, tugunya pun bisa ikut menjadi hiasan bersama air mancur.

Apakah Pemkot Pontianak ataukah Bank Mandiri yang bertanggung jawab atas taman itu, ada baiknya jika keduanya memiliki kemauan untuk mempercantik taman itu, yang secara tidak langsung juga ikut mempercantik penampakan wajah Kota Pontianak. Apalagi terletak di kawasan yang ramai lalu lintas. Jika ditata dengan indah, keindahannya tentu dapat sedikit menyejukkan mata para pengendara yang jenuh dengan panas dan kemacetan.

Tampak tugu dari samping (25 Juni 2014)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar