Selasa, 22 Mei 2012

Logo dan Tema HUT Kemerdekaan RI Ke-67 Tahun 2012

Kementerian Sekretariat Negara RI telah merilis logo dan tema HUT Kemerdekaan RI Ke-67 pada 15 Mei kemarin, berikut logo dan temanya:
Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Dari sisi desain logo, harus sedikit diapresiasi atas perubahan logo dibanding logo terdahulu, seperti tidak ada penambahan bendera juga ditambahnya garis putih di angkanya. Meskipun begitu, perubahannya tidak jauh berbeda, sehingga tetap terkesan monoton dari tahun ke tahun. Kemudian, meskipun telah tujuh tahun berlalu, tetap tidak ada keterangan resmi dari pemerintah mengenai filosofi, arti, atau makna logo tersebut.

Dari sisi tema, tetap tidak jauh berbeda dibanding tema-tema sebelumnya, yakni panjang, bertele-tele, serta susah dicerna dan dipahami. Apalagi tema tahun ini seperti memberi janji surga pemerataan pembangunan dan keadilan sosial, kondisi yang jauh dari kata tercapai sejak era penjajahan, kemerdekaan, orde baru, hingga sekarang.

Seharusnya pemerintah tak usah malu belajar logo dan tema negara tetangga yang dinamis, singkat, padat, jelas, dan mudah dicerna.

Untuk perbandingan, berikut logo dan tema HUT Kemerdekaan RI sejak 2005:


  • Tema HUT ke-60 (2005): Dengan Semangat Proklamasi 1945, Kita Perkokoh Persatuan Dan Kebersamaan, Menuju Indonesia yang Aman, Adil, Demokratis, dan Sejahtera.
  • Tema  HUT ke-61 (2006): Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Rasa Kebangsaan dan Kebersamaan untuk Membangun Indonesia yang Bersatu, Aman, Adil, Demokratis, dan Sejahtera.
  • Tema  HUT ke-62 (2007): Dengan Semangat Persatuan dan Etos Kerja, Kita Percepat Pertumbuhan Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan untuk Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Bagi Rakyat Indonesia.
  • Tema  HUT ke-63 (2008): Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Lanjutkan Pembangunan Ekonomi Menuju Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, serta Kita Perkuat Ketahanan Nasional Menghadapi Tantangan Global.
  • Tema  HUT ke-64 (2009): Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kedewasaan Kehidupan Berpolitik dan Berdemokrasi serta Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia yang Bersatu, Aman, Adil, Demokratis, dan Sejahtera.
  • Tema  HUT ke-65 (2010): Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945. Kita Sukseskan Reformasi Gelombang Kedua, untuk Terwujudnya Kehidupan Berbangsa yang Makin Sejahtera, Makin Demokratis, dan Makin Berkeadilan.
  • Tema  HUT ke-66 (2011): Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinneka-an untuk Kokohkan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN.



Setidaknya, logo di samping ini kemungkinan tidak akan muncul pada 2014 mendatang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar